Penuh Khidmat, Prajurit Kodam XIII/Merdeka Laksanakan Upacara Hari Pahlawan

Para prajurit Kodam XIII/Merdeka hari ini melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan dengan penuh khidmat, bertempat di Lapangan Makodam XIII/Merdeka, Teling Atas, Manado. Jumat (10/11/2023). 

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko, S.I.P., M.M., bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023.

Menteri Sosial RI Tri Rismaharini dalam amanatnya yang dibacakan oleh Irup menyampaikan bahwa pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri. 

“Para pahlawan telah mengajarkan kita bahwa kita bukan bangsa pecundang, kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi dengan tangan mengepal dan dada menggelora,” ucap Mensos.

Tri Risma juga menambahkan hanya dengan berbekalkan bambu runcing para pahlawan dalam pertempuran 10 November menghadapi musuh yang merupakan pemenang perang dunia dengan persenjataan terbaiknya, namun rakyat bergandeng tangan semuanya melebur menjadi satu, Merdeka atau Mati!

Hari Pahlawan ke-78 ini, diperingati dengan mengusung tema “Semangat Pahlawan Untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”. 

Kodam XIII/Merdeka hari ini juga melaksanakan rangkaian kegiatan Hari Pahlawan yakni Ziarah Nasional ke TMP Kairagi Kota Manado dan Doa Bersama.    

Acara dihadiri, para Pejabat Utama Kodam XIII/Merdeka dan seluruh prajurit Kodam XIII/Merdeka.

Autentikasi: 

Kolonel Kav Mujahidin, S.Sos.