Pangdam XIII/Merdeka Disambut Adat Mopotilolo di Gorontalo

Pangdam XIII/Merdeka, Mayjen TNI Candra Wijaya, M.A,. didampingi Ny. Fenty Candra Wijaya Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XIII/Merdeka, melakukan kunjungan kerja ke Provinisi Gorontalo, Selasa (19/3/2024). Kedatangannya di Bumi Serambi Madinah disambut dengan adat Mopotilolo di terminal lama Bandara Djalaludin Gorontalo.

Rombongan disambut langsung oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya. Hadir pula pada penyambutan itu Danrem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Totok Sulistyono, Kapolda Gorontalo Brigrjen Pol Pudji Prasetijanto, Kabinda Gorontalo Khairul Amir, Kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo Purwanto Joko Irianto, Danlanal Letkol Martha Novalianto serta pimpinan OPD terkait.

Mopotilolo merupakan rangkaian upacara adat untuk menyambut setiap pejabat tinggi negara yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Gorontalo. Penyambutan dilaksanakan oleh para pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa (dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo).

Penyambutan adat Mopotilolo diiringi tabuhan genderang adat dan tarian Longgo atau tarian perang Gorontalo. Tahapan adat pertama yakni mopodungga lo adati yang berisi kata kata bijak dalam bahasa Gorontalo.

Tahapan penting lainnya yakni mopodungga lo uyilumo, atau mempersilakan minum. Tahapan ini tidak dilakukan mengingat saat ini Pangdam XIII/Merdeka dan rombongan sedang berpuasa. Dilanjutkan dengan pembacaan doa.

Mopotilolo diakhiri dengan prosesi mongabi atau pernyataan secara resmi dari tokoh adat bahwa pejabat yang disambut dengan adat telah mendapat restu untuk berkunjung ke Gorontalo.

Pangdam XIII/Merdeka sendiri akan melakukan sejumlah kegiatan selama kunjungan kerjanya di Gorontalo. Pangdam XIII/Merdeka bersama rombongan juga diagendakan akan menghadiri silaturahmi dengan jajaran Pemerintah Provinsi dan Forkopimda Gorontalo yang dirangkaikan dengan buka puasa bersama di Rujab Gubernur Gorontalo.