Pangdam XIII/Merdeka Pimpin Upacara Pembukaan Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Terpusat Tingkat Kodam XIII/Merdeka TA 2024

Pangdam XIII/Merdeka, Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko S.I.P., M.M., memimpin Upacara pembukaan Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika terpusat tingkat Kodam TA 2024, di Bumi Perkemahan Betrix Watudambo Jaga 4 Kec. Kauditan, Kab. Minut, Sabtu (03/02/2024).

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M. Sc., yang dibacakan Pangdam XIII/Merdeka menyampaikan:  bahwa selaku Pembina Saka Wira Kartika tingkat Nasional, beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak panitia yang telah merencanakan dan menyiapkan kegiatan hari ini sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan baik.

Kasad berharap semoga Kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana untuk meningkatkan pengetahuan tentang Kepramukaan, tetapi juga memberikan pemahaman tentang kesadaran terhadap lingkungan yang merupakan tanggung jawab moral seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali anggota Pramuka.

Kasad melanjutkan bahwa TNI AD melaksanakan pembinaan Kepramukaan Saka Wira Kartika sebagai bentuk tanggung jawab moral dan panggilan jiwa untuk membina serta membentuk generasi muda Bangsa agar memiliki karakter dan wawasan kebangsaan yang kuat sehingga menjadi generasi yang mampu dan mengisi kemerdekaan yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Terselenggaranya kegiatan Persami ini ditujukan kepada generasi muda untuk memberikan pengalaman dan menanamkan tentang nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin, serta kepedulian tentang melestarikan lingkungan dan alam sekitar.

Oleh karena itu Kasad menghimbau melalui kegiatan ini diharapkan dapat mengembalikan fungsi hutan ke dalam perannya sebagai paru-paru dunia guna membangun kembali habitat alam dan ekosistemnya serta mencegah pemanasan global. Selaras dengan tema kegiatan ini yaitu ” Bersatu Dengan Alam Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah”. Makna dari tema ini pun harmonis dengan poin Dasa Dharma Pramuka yang kedua berupa ” Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia”.

Di akhir amanatnya Kepala Staf Angkatan Darat berpesan kepada para adik-adik Pramuka agar mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya. Ilmu yang nantinya didapatkan agar di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan harapan akan menjadikan generasi muda bangsa yang disiplin, Mandiri, memiliki semangat bela negara, serta rasa kepedulian dan tanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan alam sekitar.

Turut hadir, Kapolda, PJU Kodam XIII/Mdk, Danrem 131/Santiago, Danlantamal, Danlanud, Kabinda dan para Dansat jajaran Kodam XIII/Mdk.

Autentikasi: 

Kolonel Kav Mujahidin, S.Sos