Upacara Peringatan HUT Ke-78 TNI 5 Oktober 2023 Digelar di Kodam XIII/Merdeka

Upacara Peringatan HUT Ke-78 TNI 5 Oktober 2023 digelar di Lapangan Upacara Makodam XIII/Merdeka, Teling Atas, Manado, Sulawesi Utara. Kamis (5/10/2023).  

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-78 TNI 5 Oktober 2023 yakni Danlantamal VIII/Manado Laksma TNI Nouldy J. Tangka, S.A.P., CHRMP., dan pasukan upacara terdiri dari TNI AD, AL, AU, PNS Kemhan, Komcad dan FKPPI.

TNI telah hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia selama 78 tahun. Berbagai ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah telah berhasil diatasi dengan baik.

Dalam Amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yugo Margono, S.E., M.M., yang dibacakan oleh Irup menyampaikan bahwa peringatan HUT ke-78 TNI pada tahun 2023 ini, mengusung tema “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”, yang mengandung makna, bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

“Tema ini kita angkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024. Akan dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota Legislatif serta Pilkada serentak di 548 daerah, yaitu pada 38 Provinsi, 415 kabupaten dan 98 Kotamadya” jelas Yudo.

Menghadapi spektrum ancaman ke depan yang semakin luas dan kompleks, tidak terlepas dari dua hal yang sangat menentukan, yaitu pekembangan teknologi dan system pertahanan. Negara akan hadir untuk terus meningkatkan kapabilitas pertahanan yang relevan dengan perkembangan teknologi militer terkini, sehingga TNI dapat menjadi kekuatan pertahanan negara yang modern dan mampu berperan aktif serta memiiki daya getar tinggi di lingkungan strategis, regional maupun global.

Kegiatan Upacara selesai dilanjutkan acara Syukuran HUT ke-78 TNI di Garasi makodam XIII/Merdeka.   

Turut hadir, Gubernur Sulut Dr. (HC) Olly Dondokambey, S.E., Forkopimda Provinsi Sulut, Pejabat Sipil dan Militer di wilayah Sulut, Bupati dan Walikota Sulut, Sulteng dan Gorontalo masing-masing didampingi istri serta undangan lainnya.   

Autentikasi: 

Kolonel Kav Mujahidin, S.Sos.