Irdam XIII/Merdeka Pimpin Upacara HUT Ke-78 Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia TA 2023 Di Kodam XIII/Merdeka

Pendam XIII/Merdeka Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi, menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada  Upacara HUT Ke-78 Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia TA 2023 di Lapangan Makodam XIII/Merdeka. Teling Manado, Sulawesi Utara. Kamis (17/8/2023).  

Upacara yang digelar di lapangan Makodam XIII/Merdeka diikuti seluruh personel Kodam XIII/Merdeka baik dari Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS. 

Peringatan hari ulang tahun kemerdekaan seperti ini, pada hakikatnya merupakan bentuk peringatan sekaligus penghargaan kepada para pejuang, pendiri Republik ini, para pahlawan sejati yang telah memberikan segala-galanya melampaui dari apa yang seharusnya diberikan.

Dalam Amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. yang  dibacakan oleh Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi, menyampaikan setelah 78 tahun Indonesia merdeka, kini menjadi tugas kita semua untuk mengisi kemerdekaan. TNI harus menjadi perekat kemajemukan bangsa, karena TNI merupakan garda terdepan dalam menjaga kerukunan, toleransi dan kebhinnekaan, sehingga bangsa Indonesia tetap menjadi bangsa yang utuh, kuat dan tangguh.

“Sebelum kita mampu merekatkan kemajemukan, maka soliditas dan sinergitas diantara kita harus terwujud terlebih dahulu. Ingat, pada era globalisasi seperti sekarang perkembangan lingkungan strategis memiliki dampak yang signifikan terhadap suatu negara, termasuk negara kita. Amalkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI sebagai komitmen moral prajurit dalam membantu meringankan kesulitan masyarakat di sekelilingnya.” Ujar Panglima TNI.  

Upacara peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia TA 2023 berlangsung tertib dan khidmat, ditandai dengan pengibaran bendera merah putih, dengan iringan lagu Indonesia Raya, pembacaan teks Proklamasi oleh Inspektur Upacara, yang di awali dengan “Tanda Kebesaran Buka” dan diakhiri dengan “Tanda Kebesaran Tutup”, Pembacaan UUD 1945 dan Doa.

Turut hadir pada upacara tersebut, Para Asisten Kasdam XIII/Merdeka dan Para Kabalakdam XIII/Merdeka.

Autentikasi: 

Kolonel Arm Beny H. Suwardi, S.Sos. M.A.P

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *