Pangdam XIII/Merdeka Beserta Jajarannya menyaksikan Acara Pemberian Apresiasi Kasad Award Kepada Media Tahun 2023 Secara Live

Pendam XIII/Mdk Dalam rangka menyaksikan dan mengikuti kegiatan Pemberian Apresiasi Kasad Award kepada Media Tahun 2023, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Denny Tuejeh beserta jajarannya turut hadir menyaksikan acara tersebut secara Live, di Aula Makodam XIII/Merdeka, Senin (10/7/2023)

Acara KASAD Award merupakan inisiatif dari pimpinan TNI Angkatan Darat untuk memberikan apresiasi kepada media yang mengangkat sepuluh isu strategis dalam pemberitaan mereka. Sepuluh isu strategis ini menjadi penting karena merupakan bagian dari program prioritas pemerintah dan menjadi perhatian masyarakat.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Dr. Dudung Abdurachman dalam sambutannya mengatakan, TNI AD memiliki concern terhadap berbagai tantangan kebangsaan saat ini, yang apabila tidak diatasi bersama, akan meruntuhkan sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Di masa kini, permasalahan keamanan tidak hanya sebatas menjadikan “negara” sebagai obyek yang harus dijaga, tetapi harus juga menjaga dan melindungi rasa aman manusia dan kemanusiaan itu sendiri,” kata Dudung.

TNI AD berpandangan bahwa peran pers sangatlah strategis dalam upaya turut membangun awareness publik terhadap berbagai permasalahan human security. Pers sebagai media penyalur informasi yang akurat, berimbang, dan independen sangat krusial dalam menjalankan peran membangun pengetahuan masyarakat dan melakukan pengawasan terhadap kepentingan umum. “Oleh karena itu, “KASAD Award 2023: Apresiasi untuk Media” diberikan kepada pers yang memberi perhatian terhadap 10 isu strategis tersebut,” ujarnya.

Berikut pemenang KASAD Award: Apresiasi untuk Media di setiap kategori dan berdasarkan jenis media: 1. Keberagaman dan Toleransi (Media Nasional: Kompas.com, Media Daerah: Nu.or.id dan Media Kampus: Suarausu.or.id). 2. Melawan Radikalisme (Media Nasional: Tempo.co, Media Daerah: Nu.or.id dan Media Kampus: Pabelan-online.com) 3. Pengarusutamaan Gender (Media Nasional: Tempo.co, Media Daerah: Solopos.com dan Media Kampus: Balairungpress.com) 4. Inovasi Digital (Media Nasional: Kontan.co.id, Media Daerah: Klikwarta.com danMedia Kampus: Gelorasriwijaya.co) 5. Solidaritas Internasional (Media Nasional: Cnnindonesia.com, Media Daerah: Koran-jakarta.com) 6. TNI AD di Tengah Kesulitan Rakyat (Media Nasional: Liputan6.com, Media Daerah: Radarsolo.jawapos.com) 7. Pembangunan di Daerah 3T (Media Nasional: Antaranews.com, Media Daerah: Padek.jawapos.com) 8. Perlindungan Anak (Media Nasional: Idntimes.com, Media Daerah: Suaramerdeka.com) 9. Menekan Stunting (Media Nasional: Republika.co.id, Media Daerah: Timesindonesia.co.id) 10. Pelestarian Kebudayaan (Media Nasional: Kumparan.com, Media Daerah: Krjogja.com).

Adapun Dewan juri KASAD Award 2023 adalah: 1. Ninik Rahayu, Ketua Dewan Pers yang juga Ketua Dewan Juri 2. Brigadir Jenderal TNI Hamim Tohari, Kepala Dinas Penerangan TNI AD 3. Arif Zulkifli, perwakilan media massa Tempo 4. Sonya Hellen Sinombor, perwakilan media massa Kompas 5. Ismail Hasani, Ketua Badan Pengurus SETARA Institute 6. Effendi Gazali, Peneliti Komunikasi 7. Wenseslaus Manggut, Ketua Umum Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI)

KASAD Award: Apresiasi untuk Media merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan TNI AD “Bersama Merawat Kebangsaan”. Selain itu juga ada kegiatan “Bootcamp TNI AD to Gen Z” yang akan berlangsung pada 22-23 Juli 2023, kemudian “Sehari Bersama KASAD” pada 24 Juli 2023, dan program The Leader pada Agustus 2023.

Turut hadir menyaksikan, Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI M. Luthfie Beta, S, Sos,M.Si., Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Patar Sahat Panggabean, Para Asisten, Pamen Ahli dan Komandan/Kabalakdam XIII/Merdeka.

Autentikasi:

Kolonel Arm Beny H. Suwardi, S.Sos. M.A.P

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *