Pangdam XIII/Merdeka Tandatangani Perjanjian Kerjasama Antara PT. Pelindo Regional 4 Manado dengan Kodam XIII/Merdeka

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Manado, melakukan kerjasama dengan Kodam XIII/Merdeka tentang pengelolahan fasilitas Dermaga Sat Ang Air Bekangdam XIII/Merdeka yang bergerak dibidang jasa pelabuhanan. Penandatanganan kerjasama ini sudah di tandatangani oleh Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Denny Tuejeh dengan General Manager PT. Pelindo (Persero) Regional 4 Manado, Rudi Hartono Fransiskus Lontaan, yang bertempat di Makodam lantai 4, Kamis (15/6/2023).

Dalam kesempatan itu Pangdam XIII/Merdeka menyampaikan, bahwa Kodam XIII/Merdeka berkomitmen untuk mendukung program Pembangunan Nasional, guna menjalin sinergitas dan kerja sama dengan instansi pemerintah, lembaga terkait, ataupun lembaga daerah yang nantinya dapat bermanfaat untuk mendukung serta mengoptimalkan aset BMN yang dimiliki satuan Kodam XIII/Merdeka dalam rangka meningkatkan perekonomian daerah.

Pangdam juga berharap “instansi dan lembaga terkait lainnya maupun pemerintah daerah turut mendukung perjanjian ini, sehingga kerja sama yang di laksanakan dapat berhasil dan mencapai tujuan yang diharapkan”,pungkasnya.

Di kesempatan yang sama General Manager PT. Pelindo (Persero) Regional 4 Manado, Rudi. Hartono Fransiskus Lontaan juga mengucapkan terima kasih kepada Pangdam XIII/Merdeka, yang mana Sat Ang Air Bekangdam XIII/Merdeka memiliki potensi yang bisa dikembangkan untuk melayani masyarakat yang ada dalam bidang logistik, mempercepat pelayanan masyarakat terutama yang ada di wilayah Manado.

“Memang selama ini setiap kapal yang akan bersandar di pelabuhan, kebanyakan menuju ke Pelabuhan Bitung, semoga dengan adanya Sat Ang Air Bekangdam XIII/Merdeka merupakan langkah awal bagi kami “PT. Pelindo” untuk melegalkan pelabuhan Sat Ang Air Bekangdam XIII/Merdeka, dan selanjutnya agar bisa di komersilkan”,tambahnya.

Kepala KSOP (Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan) Manado Letkol Marinir Benyamin Ginting juga menyampaikan apresiasi langkah terobosan ini, karena pelabuhan yang ada di Manado ini hanya khusus pelabuhan penumpang, dan belum memiliki pelabuhan Cargo ataupun Container, apalagi kapal yang muatannya seperti barang khusus termasuk bahan baku dan lain lain.

“Mudah mudahan dengan pelabuhan Sat Ang Air Bekangdam XIII/Merdeka ini, dapat membantu kapal barang untuk sandar di Manado, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat daerah khususnya Provinsi Sulut”,imbuhnya. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI M. Luthfie Beta, S. Sos., M.Si., Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono, S.Sos., M.I.P., Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Patar Sahat Panggabean, Danlantamal VIII/Manado Laksamana Pertama TNI Nouldy J. Tangka, perwakilan dari Polda Sulut, perwakilan Bakamla Zona Maritim Tengah, Kepala KPKNL Manado, Kadishub Sulut, serta para Asisten dan Kabalakdam XIII/Merdeka

Autentikasi: 

Kolonel Arm Beny H. Suwardi, S.Sos. M.A.P

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *