Antisipasi Permintaan Misi Baru Di PBB, Komandan PMPP TNI Buka Kegiatan Mobile Training Team


(Puspen TNI). Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI, Marsda TNI Benedictus Benny K., S.H MAvMgt., MAIR membuka kegiatan Mobile Training Team (MTT) TA. 2021, bertempat di Detasemen Zeni Tempur 3/Agni Tirta Dharma, Jakarta Timur, Rabu (08/09/2021).

Dalam amanatnya kepada para peserta dan instruktur MTT, Komandan PMPP menyampaikan bahwa kegiatan MTT merupakan kelanjutan dari kegiatan Training of Trainers (ToT) yang telah dilaksanakan pada bulan Juli yang lalu.

Lebih lanjut, Marsda Benny menegaskan bahwa kegiatan MTT merupakan bentuk pengajaran kepada prajurit satuan yang telah ditunjuk sebagai peserta latihan, mengingat satuan Denzipur 3 akan diproyeksikan untuk diberangkatkan dalam misi pemeliharaan perdamaian dunia pada tahun 2022.

Menutup amanat, Komandan PMPP TNI mengingatkan bahwa kegiatan harus dilaksanakan dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus Covid-19.

Adapun dalam kegiatan MTT ini, para pelatih yang ditunjuk akan memberikan 27 materi Core Pre Deployment Training Materials (CPTM). Sedangkan materi pendukung seperti UN Charter, Fix Guard, Radio Communication Procedure, Rules of Engagement (RoE) dan Media Relations akan diberikan oleh tim asistensi dari PMPP TNI.

Sebagai Informasi bahwa kegiatan MTT juga merupakan langkah TNI, khususnya PMPP guna mensiasati perubahan mekanisme dari United Nations Stand By Arrangement System (UNSAS) menjadi United Nations Peacekeeping Capability Readiness System (UNPCRS) dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menuntut kesiapan Troops Contributing Countries (TCC) dalam menyiapkan pasukan perdamaiannya. Sehingga sewaktu-waktu PBB membutuhkan pasukan, dapat langsung dikerahkan guna mendukung misi perdamaian baru.

This entry was posted in KODAM. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *