Kodam XIII/Merdeka Rayakan HUT Kodam XIII/Merdeka ke 62

Pendam XIII/Merdeka, perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam XIII/Merdeka tahun ini berbeda dengan tahun-tahun kemarin, meskipun di tengah pandemi Covid-19 tetap tidak mengurungkan niat Kodam XIII/Merdeka untuk menggelar perayaan HUT Kodam XIII/Merdeka ke 62 yang jatuh pada tanggal 16 Juni 2020 secara sederhana di Aula Grhadika Jaya Sakti, Selasa (16/6/2020).

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos G. Matondang, M.M., M.Tr (Han) dalam sambutannya mengatakan bahwa acara syukuran seperti ini sebenarnya memiliki makna religius yang sangat dalam, sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga kita dapat melaksanakan tugas pengabdian dengan baik. Oleh karena itu syukuran ini juga menjadi salah satu sarana yang efektif untuk meningkatkan rasa solidaritas dan kebanggaan terhadap satuan yang pada akhirnya mendorong kecintaan terhadap tugas-tugas yang di amanahkan oleh negara.

“Acara syukuran HUT Kodam XIII/Merdeka ini memiliki makna religius yang sangat dalam, meskipun digelar sesederhana mungkin akan tetapi kegiatan syukuran HUT Kodam XIII/Merdeka ke 62 ini bisa menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan solidaritas dan kebanggaan terhadap satuan yang pada akhirnya akan mendorong kecintaan terhadap tugas-tugas negara yang diamanahkan.” Ujar Pangdam.

lebih lanjut Pangdam sampaikan tanggal 16 Juni dipilih sebagai hari jadi Kodam XIII/Merdeka untuk mengenang peristiwa pendaratan pasukan TNI yang tergabung dalam Operasi Militer dengan sandi “Merdeka” di pantai Kema Sulawesi Utara pada tanggal 16 Juni 1958 untuk memadamkan pemberontakan Permesta. Oleh sebab itu selama 62 Tahun pengabdian, Kodam XIII/Merdeka telah tumbuh dan berkembang secara dinamis, ditandai dengan berbagai karya nyata dan keberhasilan yang membanggakan. Meskipun begitu tetap harus kita sadari bahwa masih banyak hal yang perlu kita benahi dan sempurnakan agar Kodam XIII/Merdeka bisa lebih baik lagi kedepannya.

“16 Juni dipilih sebagai HUT Kodam XIII/Merdeka karena tanggal tersebut merupakan peristiwa pendaratan pertama pasukan TNI yang tergabung dalam Operasi Merdeka di pantai Kema Sulawesi Utara pada tahun 1958 untuk memberantas pemberontakan Permesta. setelah 62 Tahun berdiri, Kodam XIII/Merdeka telah tumbuh dan berkembang secara dinamis, ditandai dengan berbagai karya nyata dan keberhasilan yang membanggakan akan tetapi kita masih perlu berbenah diri agar Kodam XIII/Merdeka bisa lebih baik lagi dalam menjalankan tugas-tugas yang akan datang.” tutur Pangdam

Di akhir sambutannya Pangdam XIII/Merdeka mengajak kita untuk berkomitmen dan mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan segera bersiap untuk memasuki tatanan normal yang baru.

Kegiatan ini digelar secara sederhana dan berlangsung aman dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku

This entry was posted in KODAM. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *