PendamXIII/Merdeka,- Dalam rangka memperingati Hari Juang TNI Angkatan Darat ke–77 Tahun 2022 yang jatuh pada tanggal 15 Desember, Kodam XIII/Merdeka beserta jajarannya telah menggelar upacara dan syukuran dengan sederhana yang diikuti oleh seluruh prajurit dan Pns TNI AD di Makodam, Kamis (15/12/2022). 

Peringatan Hari Juang TNI Angkatan Darat dilatar belakangi oleh sebuah peristiwa bersejarah dan penting dalam mempertahankan kemerdekaan di Kota Ambarawa pada pertengahan Desember 1945. Pertempuran yang biasa disebut Palagan Ambarawa ini dipimpin oleh Panglima Besar Jenderal Besar Soedirman saat itu.

Sejarah mencatat bahwa kebersamaan TNI dan rakyat merupakan kekuatan dahsyat yang mampu menjaga dan mempertahankan kedaulatan serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Untuk mengenang peristiwa itu, jajaran TNI Angkatan Darat khususnya Kodam XIII/Merdeka dalam memperingati Hari Juang TNI AD ke-77 menggelar upacara dan syukuran. 

Dalam amanat Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman S.E., M.A, yang dibacakan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Denny Tuejeh mengatakan bahwa “Peringatan Hari Juang TNI Angkatan Darat kali ini kita selenggarakan dengan secara sederhana, di tengah suasana keprihatinan dan empati yang mendalam kepada sudara kita yang tertimpa musibah bencana alam di berbagai daerah”.

Oleh karena itu Kasad mengatakan “rangkaian kegiatan peringatan Hari Juang TNI Angkatan Darat ke–77 tahun ini kita isi dengan doa bersama dan penyaluran bantuan kemanusiaan bagi korban musibah bencana alam”.

Dengan tema ”TNI Angkatan Darat di Hati Rakyat,” menjadi pengingat bahwa ibu kandung prajurit TNI AD adalah rakyat, sedangkan nafas dan ruhnya adalah pengabdian kepada rakyat bangsa dan negara. Oleh karena itu TNI AD tidak boleh melupakan rakyat dan sebaliknya TNI AD harus ada di hati rakyat,”tegas kasad.

Dalam acara syukuran memperingati Hari Juang TNI Angkatan Darat ke–77 dilakukan pemotongan tumpeng oleh Pangdam XIII/Merdeka yang didampingi Kasdam dan Irdam XIII/Merdeka dan diserahkan kepada prajurit yang berprestasi atas nama Letda Inf Dedy Paur Markas Situud Infolahtadam XIII/Merdeka yang telah memimpin pergerakan Tim Cakra 8 dalam operasi gabungan Merah Putih di ILLAGA.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut tersebut Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI M. Luthfie Beta, S, Sos, Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi, para staf ahli Pangdam XIII/Merdeka, LO AL dan LO AU, Asrendam XIII/Merdeka, Asops, Aslog, Aster Kasdam XIII/Merdeka serta para Pejabat Utama Kodam XIII/Merdeka dan Prajurit Pns TNI AD serta Persit KCK PD XIII/Merdeka.

Autentikasi:

Letkol Arm Beny H. Suwardi, S.Sos. M.A.P

Check Also

Pangdam XIII/Merdeka Serahkan Tali Asih Kepada Anak Asuh Stunting

PendamXIII/Merdeka,-Salah satu program prioritas Nasional yang menjadi atensi Bapak Presid…