PendamXIII/Merdeka,-Dalam rangka menyambut Hari Juang Kartika (HJK) TNI AD Tahun 2022, Kodam XIII/Merdeka menggelar Doa bersama, santunan kepada anak yatim piatu dan Bakti Sosial diantaranya donor darah dan (Khitan) sunatan massal oleh Rumkit TNI AD TK. II R.W Monginsidi yang dilaksanakan di Aula Grhadika Jaya Sakti Makodam, Rabu (14/12/2022). 

Kegiatan tersebut secara serentak dilaksanakan sampai ke jajaran Kodam XIII/Merdeka yang diikuti oleh Prajurit TNI-AD, serta Persit KCK Daerah XIII/Merdeka dan masyarakat yang ada di wilayahnya masing-masing.

Dalam sambutan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Denny Tuejeh mengatakan bahwa, kegiatan Bakti Sosial ini dalam rangka untuk memperingati Hari Juang TNI AD,  diharapkan dapat melestarikan tradisi kejuangan keprajuritan, memantapkan kemanunggalan TNI Angkatan Darat dengan rakyat, guna mewujudkan TNI AD yang kuat dan dicintai oleh rakyat.

Pangdam XIII/Merdeka juga berharap, bahwa kegiatan bakti sosial seperti sekarang ini tidak berhenti hanya sampai di sini saja, tetapi harus terus berlanjut dengan kegiatan-kegiatan lain yang bermanfaat bagi warga masyarakat di lingkungan markas satuan jajaran Kodam XIII/Merdeka, baik untuk membantu warga prasejahtera atau kurang mampu serta membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan  kesejahteraan rakyat, maupun untuk mewujudkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat.”imbuhnya.

Dalam acara tersebut Pangdam XIII/Merdeka juga menyerahkan santunan kepada anak yatim piatu Panti Asuhan Balakeselamatan Pakowa dan Panti Asuhan Arahma Kecamatan Tuminting, dilanjutkan dengan meninjau pelaksanaan donor darah dan sunatan massal

Kegiatan donor darah ini juga dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa sosial saling membantu sesamanya. Ini merupakan salah satu bentuk kesiapan untuk memenuhi kebutuhan darah bagi masyarakat yang membutuhkan yang di targetkan Kodam XIII/Merdeka mencapai 250 kantong darah, masing-masing Korem 300 kantong darah.

Sebelum pelaksanaan donor darah diadakan pemeriksaan dengan menerapkan standar prosedur kesehatan, yakni setiap pendonor terlebih dahulu di cek suhu tubuh dengan menggunakan thermo gun selanjutnya pengecekan HB darah

Sedangkan Khitan (sunat) massal bagi masyarakat umum di targetkan mencapai 25 anak-anak. Ini salah satu bentuk kepedulian serta saling membantu kepada sesama terutama meringankan beban masyarakat yang membutuhkan.

Dalam Kegiatan Tersebut juga disaksikan langsung oleh pimpinan tertinggi TNI AD yaitu Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman S.E., M.A melalui (Vicon) video conference kepada seluruh jajaran TNI AD.

Dalam Vicon Kasad juga menyampaikan dengan tema ”TNI Angkatan Darat di Hati Rakyat,” mari kita pupuk terus rasa kejuangan Prajurit TNI Angkatan Darat, sekaligus mengingatkan kembali jati diri kita sebagai seorang Prajurit TNI AD yang lahir dari rakyat dan akan selalu berjuang bersama rakyat dan TNI AD bisa lebih dekat lagi dengan rakyat serta jangan sakiti hati rakyat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut tersebut Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI M. Luthfie Beta, S, Sos, Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Inf Drs. Theodorus Kawatu, Aslog Kasdam XIII/Merdeka Kol. Inf Bambang Hery Tugiyono para Pejabat Utama Kodam XIII/Merdeka serta Persit KCK PD XIII/Merdeka.

Autentikasi:

Letkol Arm Beny H. Suwardi, S.Sos. M.A.P

Check Also

Pangdam XIII/Merdeka Serahkan Tali Asih Kepada Anak Asuh Stunting

PendamXIII/Merdeka,-Salah satu program prioritas Nasional yang menjadi atensi Bapak Presid…