PendamXIII/Merdeka,-Asops Panglima TNI Mayjen TNI Agus Suhardi melaksanakan pemeriksaan kesiapan sekaligus Gelar Pasukan Satgas Satuan Organik Yonif Raider 712/Wiratama dalam rangka Kesiapan melaksanakan Operasi Pengamanan Perbatasan Darat RI–PNG yakni melalui Operasi Teritorial secara terpadu didaerah rawan di Provinsi Papua, yang bertempat di Mako Yonif R 712/Wiratama Manado, Rabu (23/11/2022)   

Kegiatan pemeriksaan kesiapan operasi (Riksiapops) yang dilakukan Asops Panglima TNI ini diikuti oleh 450 personel Yonif Raider 712/Wiratama yakni dalam rangka mengecek kesiapan akhir, Satuan Yonif R. 712/WT yang akan berangkat tugas diwilayah Provinsi Papua, yang rencananya akan berangkat pada bulan Desember.

Pemeriksaan kesiapan pasukan satuan Yonif R 712/WT dipimpin langsung oleh Danyonif R 712/Wiratama Letkol Infanteri Madiyan Surya dan selanjutnya Asops Panglima TNI melaksanakan pengecekan kesiapan materil baik senjata, kendaraan, alat kesehatan termasuk upaya Dansat sarana yang dibutuhkan oleh masyarakat di daerah tugas.

Dalam arahan Asops Panglima TNI menyampaikan bahwa “Bagi seorang Prajurit tugas itu adalah kehormatan, kehormatan itu adalah segala-galanya, kehormatan merupakan kebutuhan kita yang paling hakiki, tetapi tentunya harus di imbangi dengan kecerdasan,”terangnya.

“Saya lihat dari sorot matamu, penampilanmu, gerakanmu kamu mempunyai harga diri yang tinggi demi mempertahankan nama baik satuanmu umunya mempertahankan nama baik Tenatara Nasional Indonesia,”tegas Agus Suhardi.

Asops Panglima TNI juga menegaskan buang imit kalian jauh-jauh sebagai satuan tempur, kalian bertempur disana adalah bertempur merebut hati rakyat, supaya rakyat di sana membelamu, mengakui keberadaanmu agar rekan-rekan dan saudara-saudara kita yang masih tinggal di hutan dan belum mengakui kedaulatan NKRI bisa kalian tarik dengan pelan-pelan, itu yang dinamakan bertempur.”imbuhnya.

Mayjen TNI Agus Suhardi juga mengingatkan kepada Prajurit Yonif R 712/WT agar selalu waspada dan selalu mendekatkan diri kepadaTuhan Yang Maha Esa.

Dalam kesempatan tersebut Asops Panglima TNI Mayjen TNI Agus Suhardi yang didampingi Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI M. Luthfie Beta, S, Sos,M.Si beserta Waasops Kasad Bid Siapsat  Brigjen TNI Gregorius Suharso, telah mengecek sejauh mana kesiapan Prajurit Yonif R 712/WT yang hendak berangkat ke daerah tugas baik mental dan fisik prajurit serta perlengkapan yang akan di bawah ke daerah tugas Papua.

Turut hadir dalam Rik Siap Ops tersebut, Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi, Danrem 131/Stg Brigjen TNI Mukhlis, Paban III/Lek Skomlek TNI Kolonel Laut (E) Frandinanto Suwarno, ST, Kabiddukkesops Puskes TNI Kolonel Ckm Dr. Moh. Birza Rizaldi, Spog, M.A.R.S., Paban II/Bekum Slog TNI Kolonel Cba Hery Ismailiya, S.E. dan para Asisten Kasdam XIII/Merdeka serta Dan/Kabalakdam XIII/Merdeka,

Autentikasi:

Letkol Arm Beny H. Suwardi, S.Sos. M.A.P

Check Also

Pangdam XIII/Merdeka Serahkan Tali Asih Kepada Anak Asuh Stunting

PendamXIII/Merdeka,-Salah satu program prioritas Nasional yang menjadi atensi Bapak Presid…