PendamXIII/Merdeka,-Sebanyak 267 pemuda dari berbagai penjuru wilayah Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Gorontalo dan Provinsi Sulawesi Tengah, mengikuti sidang pemilihan tingkat pusat CATA (Calon Tamtama) PK (Prajurit Karier) TNI AD gelombang II sumber reguler dan keagamaan TA 2022, di Aula Makodam XIII/Merdeka Manado, Jumat (18/11/2022).  

Dari ke-267 pemuda tersebut yang mengikuti seleksi dari jalur sumber Reguler 231 orang dan sumber Keagamaan 34 orang diantaranya Islam 13, Protestan 17, Katolik 2 dan Hindu 2. Mereka sebelumnya telah berhasil melewati berbagai tahapan seleksi awal Sub Panda Daerah, sehingga berlanjut seleksi tingkat pusat, yang seleksinya meliputi administrasi, Litpers, Psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani dan keagamaan, sekarang para calon prajurit Tamtama telah bersaing dalam Sidang Pantukhir tingkat Pusat guna lolos untuk mengikuti pendidikan. 

Dalam penerimaan prajurit Calon Tamtama TNI AD Gel. II tahun 2022 ini, adanya slot/petak alokasi di samping sumber reguler juga ada sumber keagamaan untuk memberi kesempatan kepada para pemuda yang berasal dari pondok pesantren dan sekolah khusus agama lainnya.

Dalam sambutan tertulis Aspers Kasad Mayjen TNI Darmono Susastro, S.I.P selaku Ketua Panitia Pusat yang dibacakan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI A. Denny Tuejeh selaku Ketua Sub Panitia Pusat mengatakan bahwa diera digital saat ini segala bentuk informasi sangat mudah untuk di akses oleh masyarakat luas, pimpinan TNI AD memiliki harapan besar agar kegiatan penerimaan Cata PK TNI AD Reguler dan keagamaan gelombang II TA 2022 dapat dilaksanakan dengan obyektif, transparan dan akuntabel. Salah satu wujud yaitu dengan memberikan akses komunikasi secara langsung kepada panitia pusat di Mabesad sehingga seluruh informasi terkait penyelenggaraan kegiatan penerimaan Cata PK Gel. II dapat di monitor secara langsung.

Melalui sidang Pantukhir ini Ketua Panitia Pusat berharap, “agar kegiatan ini dapat di optimalkan mungkin untuk memilih calon yang berkualitas sehingga Calon Tamtama yang terpilih adalah benar-benar sesuai dengan kriteria yang diharapkan.”ucap Tuejeh.

Laksanakan pemilihan dengan teliti dan cermat, berikan penjelasan kepada calon yang tidak lulus dengan baik sebagai bahan evaluasi yang bersangkutan untuk perbaikan bila ikut seleksi kembali, laksanakan evaluasi secara menyeluruh terhadap penyelenggaraan kegiatan agar kedepan lebih optimal dan tepat sasaran sesuai perintah Pimpinan Angkatan Darat.”tambahnya.

Hasil dari Sidang Calon Prajurit Cata PK TNI AD Sumber Reguler Dan Keagamaan Sub Panpus Kodam XIII/Merdeka akan diumumkan secepatnya dan bagi calon yang dinyatakan lulus akan langsung dikirim ke Dodik Secata Rindam XIII/Merdeka di Bitung guna mengikuti Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AD.

 

Turut hadir dalam Sidang Pemilihan antara lain: Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI M. Luthfie Beta, S, Sos,M.Si.,Ketua Tim Pengawas dari Mabesad, Tim Pengawas dari Itjenad dan para Ketua Tim Pemeriksa/Pengujitingkat Sub Panpus.

 

Autentikasi:

Letkol Arm Beny H. Suwardi, S.Sos. M.A.P

Check Also

Pangdam XIII/Merdeka: Berangkat dengan kehormatan, kembali dengan kebanggaan

PendamXIII/Merdeka,-Saya perintahkan kepada seluruh Prajurit Satgas Yonif  Raider 712/Wira…