PendamXIII/Merdeka,-Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-58 Provinsi Sulut, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Denny Tuejeh beserta Forkopimda Provinsi Sulut menghadiri  Rapat Paripurna Peringatan HUT Prov. Sulut ke-58 yang bertempat di Kantor DPRD Prov. Sulut, Manado Jumat (23-9-2022)

Rapat Paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sulut Fransiscus A Silangen, juga didampingi Wakil Ketua Victor Mailangkay, James A Kojongian serta dihadiri juga oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Dalam Paripurna HUT Provinsi ke-58 ini, Ketua Dewan Fransiscus A Silangen menyatakan, bentangan sejarah berdirinya Provinsi Sulut sebagai bagian integral dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagian besarnya meninggalkan cerita indah tentang peran strategis anak bangsa dari daerah Sulut sejak bumi nusantara berdiri sebagai sebuah negara bangsa.

Tak terbantahkan. Andil besar dr GSSJ Sam Ratulangi, AA Maramis, Arnold Mononutu, dan sejumlah anak negeri Minahasa, Sangihe, dan Bolaang Mongondow yang silih berganti mengisi panggung pengabdian bagi kejayaan NKRI tercinta.”imbuhnya.

Fransiscus menambahkan “berbagai penghargaan yang diterima ini, berimplikasi pada pencapaian-pencapaian di berbagai sektor. Diantaranya pada sektor perekonomian. Sulut melalui badan pusat statistik mencatatkan pertumbuhan ekonomi dengan progres yang baik, tumbuh diangka 5,93% secara year on year atau di atas pertumbuhan ekonomi nasional pada angka 5,44% di triwulan II tahun 2022”.

Seiring dengan itu, telah pula ditetapkan 15 keputusan DPRD dan 2 nota kesepakatan bersama. Terkait dengan fungsi anggaran, telah diwujudkan dalam penyusunan dan penetapan APBD bersama-sama dengan pemerintah daerah, yakni penetapan ranperda tentang perubahan APBD tahun anggaran 2022 dan ranperda tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2021.

Kinerja pemerintah daerah yang luar biasa ini tentulah menginspirasi DPRD untuk terus berkarya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Sulut tercinta melalui optimalisasi tugas pokok dan fungsi DPRD yakni fungsi pembentukan perda, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan.”tegas Fransiscus.

Dalam rapat tersebut juga dilaksanakan penyerahan secara simbolis penerima sertifikat halal, nomor induk berusaha (NIB) kredit usaha rakyat (KUR) dan merk dagang oleh Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia kepada Gubernur Sulut, Wagub Sulut, Ketua DPRD dan para Para Wakil Ketua DPRD.

Turut hadir dalam acara tersebut, antara lain unsur Forkopimda Sulut, Wakil Gubernur Steven Kandouw, bupati, wakil bupati, walikota dan wakil walikota serta para pejabat pemprov serta undangan lainnya.

Autentikasi:

Kolonel Inf Jhonson M. Sitorus

Check Also

Pangdam XIII/Merdeka Serahkan Tali Asih Kepada Anak Asuh Stunting

PendamXIII/Merdeka,-Salah satu program prioritas Nasional yang menjadi atensi Bapak Presid…