PendamXIII/Merdeka,-Sebanyak 137 pemuda dari berbagai penjuru wilayah Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Gorontalo dan Provinsi Sulawesi Tengah, mengikuti sidang seleksi akhir Pemilihan Tingkat Pusat Caba PK TNI AD Sumber Reguler dan Keagamaan TA 2022, di Grhadika Jaya Sakti Makodam XIII/Merdeka Manado, Senin (19/9/2022).  

Dari ke-137 pemuda tersebut yang mengikuti seleksi dari jalur sumber Reguler 86 orang dan sumber Keagamaan 51 orang diantaranya Islam 27, Protestan 16, Katolik 5 dan Hindu 3. Mereka sebelumnya telah berhasil melewati berbagai tahapan seleksi awal Sub Panda Daerah, sehingga berlanjut seleksi tingkat pusat meliputi seleksi administrasi, Litpers, Psikologi, dan kesamaptaan jasmani. Dan sekarang para calon prajurit bersaing dalam Sidang Pantukhir Sub Panda Pusat guna lolos untuk mengikuti pendidikan.

Dalam penerimaan prajurit TNI AD tahun ini ada yang istimewa yaitu, adanya slot/petak alokasi di samping sumber reguler juga ada khusus jalur keagamaan untuk memberi kesempatan kepada para pemuda yang berasal dari pondok pesantren dan sekolah khusus agama masing-masing.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI A. Denny Tuejeh selaku Ketua Sidang Pemilihan mengatakan bahwa kegiatan penyediaan prajurit TNI AD merupakan bagian dari pembinaan personel yang pada hakekatnya merupakan suatu upaya me-regenerasi prajurit TNI AD melalui kegiatan seleksi calon prajurit untuk mendapatkan prajurit yang sesuai dengan kualitas dan kuantitas yang dibutuhkan guna memenuhi kebutuhan organisasi dalam rangka pelaksanaan tugas pokok TNI AD.  

“Selain itu terdapat juga kebijakan pimpinan angkatan darat mengenai rekrutmen dari sumber santri dan lintas agama yang mempunyai kemampuan khusus dalam bidang keagamaan”.”tegas Pangdam.

Dengan demikian kualitas sumber daya manusia menjadi hal mutlak yang harus ditingkatkan baik kualitas prajurit yang sudah aktif melalui pendidikan. maupun kualitas calon prajurit melalui proses kegiatan penyediaan prajurit.”imbuhnya.

Hasil dari Sidang Pemilihan Penerimaan Prajurit Caba PK TNI AD Sumber Reguler Dan Keagamaan Sub Panpus Kodam XIII/Merdeka akan diumumkan dan bagi calon yang dinyatakan terpilih akan langsung dikirim ke Dodik Secaba Rindam XIII/Merdeka di Amurang Kab. Minahasa Selatan guna mengikuti Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AD pada tanggal 23 September 2022.

 

Turut hadir dalam Sidang Pemilihan antara lain: Ketua Tim Pengawas dari Mabesad, Paban 4 Bindik selaku wakil ketua, Tim Pengawas dari Itjenad dan para Ketua Tim Pemeriksa/Penguji. 

 

Autentikasi:

Kolonel Inf Jhonson M. Sitorus

Check Also

Pangdam XIII/Merdeka Serahkan Tali Asih Kepada Anak Asuh Stunting

PendamXIII/Merdeka,-Salah satu program prioritas Nasional yang menjadi atensi Bapak Presid…