Gerakan Penanaman Sejuta Pohon Selamatkan Lingkungan

PendamXIII/Merdeka,-Penghijauan dan reboisasi bukanlah tugas yang ringan, karena harus adanya kerjasama  yang bersifat lintas sektoral dan kepedulian dari seluruh komponen Bangsa, gerakan penanaman sejuta pohon ini merupakan salah satu sumbangsih dan kepedulian Kodam XIII/Merdeka dalam menyelamatkan hutan dan melestarikan lingkungan hidup dalam menjaga  serta memelihara hutan sebagai upaya untuk mempelopori menghijauan guna memperbaiki lingkungan yang telah rusak. Demikian yang di sampaikan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfret Denny Tuejeh, saat memberikan sambutan dalam rangka penanaman sejuta pohon di Desa Laikit Dimembe Minahasa Utara, Jumat (27/5/22).

 

Pangdam juga menyampaikan, “Kita harus ingat kepada anak cucu kita, bahwa bumi yang kita huni sekarang ini bukanlah milik orang-orang dewasa yang sekarang, melainkan bumi ini akan dihuni oleh generasi kita nantinya 10 sampai 50 tahun ke depan,” tambahnya.

Kerusakan lingkungan semakin hari semakin meningkat, mengingat jumlah penduduk dan manusia yang terus menerus kian bertambah, oleh karena itu Mayjen Tuejeh menegaskan, ”Marilah kita bijak dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam agar senantiasa dapat terjaga kelestariannya,” imbuh Pangdam.

Gerakan penanaman sejuta pohon Kodam XIII/Merdeka ini untuk membantu pemerintah daerah dalam memperbaiki lingkungan. Ke depan, akan dilaksanakan penanaman di seluruh wilayah kerja Kodam XIII/Merdeka. Pohon yang ditanam antara lain durian, matoa, gaharu, mangga dan rambutan.

 

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Bupati Minahasa Utara Joune J.E. Ganda juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kodam XIII/Merdeka yang telah mempelopori upaya pelestarian lingkungan melalui gerakan penanaman sejuta pohon ini.

Bupati Minut juga menambahkan bahwa pemerintah daerah akan terus mendukung, mendorong gerakan penanaman sejuta pohon ini.

Dalam kesempatan itu juga dilaksanakan penanaman pohon secara simbolis, yakni oleh Pangdam XIII/Merdeka, Danrem 131/Santiago, Bupati  Minahasa Utara dan unsur Forkopimda Kab. Minahasa Utara.

Autentikasi:

Kolonel Inf Jhonson M. Sitorus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *