Apel Dansat Untuk Peningkatan Kualitas Kepemimpinan

Pendam XIII/Merdeka,-Apa yang menjadi prioritas, target dalam Apel Dansat TA 2022 ini, semua di titik beratkan kepada kualitas peningkatan, kualitas kepemimpinan dan kemampuan manajerial oleh para komandan satuan dalam pemeliharaan kemantapan satuan untuk mewujudkan kesiapan operasional. Hal ini yang di sampaikan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfret Denny D. Tuejeh, saat membuka kegiatan Apel Dansat tersebar Kodam XIII/Merdeka, di Grhadika Jaya Sakti Makodam, Rabu (18/5/22).

Apel Komandan Satuan (Dansat) adalah sarana pimpinan untuk mengevaluasi pelaksanaan program kerja satuan bawah, sekaligus memberi arahan khusus bagi komandan satuan dalam membangun profesionalisme dan militansi prajurit agar dapat diandalkan untuk menghadapi tantangan tugas ke depan.

Pada kesempatan tersebut Pangdam juga menyampaikan untuk mewujudkan semua itu, diperlukan para Dansat/Pemimpin yang berkarakter dan hebat. Ciri-cirinya sederhana yakni; dicintai anak buah, dihormati, diidolakan, dikagumi dan selalu diharapkan kehadirannya.”imbuhhnya.

Pangdam juga menekankan kepada seluruh peserta Apel, bahwa yang menjadi tantangan kita adalah bagaimana kita bisa menerapkan semua itu untuk menjadi perwira yang baik dan bagaimana agar bisa menjadi pemimpin yang baik. Sesungguhnya pemimpin dituntut bukan hanya untuk menjadi pemimpin yang baik, akan tetapi juga kualitas yang baik bagi seorang pemimpin untuk anggotanya.”tegas Tuejeh.

Apel Dansat tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang bertujuan untuk menggugah semangat dan jiwa Nasionalisme para peserta Apel Dansat dan dilanjutkan dengan paparan Danyonif 713/ST selaku Batalyon yang di tunjuk sebagai satuan yang disiapkan untuk melaksanakan tugas operasi di luar negeri, paparan Dandim 1303/Bolmong selaku satuan binter dan pembekalan tertib administrasi wabku dari Kudam, serta diskusi dalam menghadapi tugas ke depan.

Kegiatan Apel Dansat ini rencanya akan dilaksanakan selama 3 hari, dengan rangkaian kegiatan (Gowes) bersepeda, menembak pistol eksekutif dan senapan reaksi, senam beladiri, senam sparko dan olahraga umum.

Turut hadir dalam Apel tersebut antara lain, Kasdam, Irdam, Kapoksahli para Danrem, para Kabalak, para Dandim dan Para Danyon.

Autentikasi:

Kolonel Inf Jhonson M. Sitorus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *