Pendam XIII/Merdeka,-Baru baru ini Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M. memberikan penghargaan kepada para prajurit yang telah berhasil melumpuhkan anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) dengan aksi kejinya yang telah membunuh prajurit dan istriya di Kabupaten Yalimo Papua, serta memberikan penghargaan kepada prajurit yang telah berhasil menggagalkan pembegalan yang di lakukan oleh sembilan orang. Ini merupakan bentuk prestasi yang telah diperbuat oleh para prajurit TNI AD, demikian sambutan tertulis Kasad yang di bacakan oleh Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Mochammad Luthfie Beta, S, Sos,M.Si. saat memimpin upacara di Makodam, Selasa (17/5/22)

Rasa bangga dan hormat ditujukan kepada prajurit yang telah berhasil melaksanakan tugasnya dalam membantu dan mengatasi kesulitan masyarakat di sekelilingnya.”imbuhnya.

Kasdam juga menyampaikan, bahwa pencapaian keberhasilan tugas yang telah kita raih, harus dapat kita pertahankan dan tingkatkan, karena ke depan, bergagai agenda yang bersifat nasional maupun internasional juga menuntut kesiapan TNI AD.”pungkasnya.

Upacara bendera tanggal 17 ini diikuti oleh seluruh personel Kodam XIII/Merdeka mulai dari Pamen, Pama, Bintara, Tamtama dan PNS, yang sebelumnya upacara bendera ini rutin dilaksanakan setiap hari senin dan setiap tanggal tujuh belas setiap bulan, namun semenjak Pandemi Covid-19 upacara ini terhenti dan baru minggu ini upacara bendera mulai dilaksanakan kembali.

 

Upacara ini salah satu bentuk kegiatan yang mengandung penghayatan dan nilai nilai Pancasila dalam mencerminkan cinta tanah air, agar dapat menumbuhkan sikap kedisiplinan bagi prajurit dan sebagai sarana Komando guna menjalin komunikasi dua arah antara pimpinan dan bawahan.

Rangkaian upacara tersebut dimulai dengan laporan perwira upacara kepada inspektur upacara (Irup), dilanjutkan dengan penghormatan kepada Irup, laporan Komandan upacara kepada irup, pengibaran sang merah putih, mengheningkan cipta, pembacaan teks pancasila, pengucapan sapta marga, pembacaan UUD 1945, pembacaan panca prasetya Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) dan di tutup dengan pembacaan do’a oleh Irup.

Autentikasi:

Kolonel Inf Jhonson M. Sitorus

Check Also

Pangdam XIII/Merdeka: Berangkat dengan kehormatan, kembali dengan kebanggaan

PendamXIII/Merdeka,-Saya perintahkan kepada seluruh Prajurit Satgas Yonif  Raider 712/Wira…