Pangdam XIII/Merdeka Berikan Pengarahan Kepada Anggota Satgas Madago Raya

Pendam XIII/Merdeka, dalam kunjungan kerja di wilayah Korem 132/Tadulako, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos G. Matondang, M.M., M.Tr (Han) memberikan pengarahan kepada anggota satuan tugas (Satgas) Madago Raya bertempat di Pos Kotis Madago Raya Desa Tokorondo, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso, Senin (24/5/2021)

Dalam pengarahannya Pangdam mengatakan bahwa maksud dan tujuan para personel ditugaskan di tempat ini yaitu dalam rangka penebalan Operasi Satgas Madagoraya dengan tugas pokok mengatasi ancaman kelompok separatis bersenjata (MIT Poso). Oleh sebab itu Pangdam berharap agar kedatangan para personel dapat mengatasi seluruh permasalahan yang ada di kabupaten poso bukan sebaliknya malah menambah permasalahan yang sudah ada.

“Disini kalian ditugaskan untuk mengatasi masalah ancaman kelompok separatis yang ada di wilayah Poso.” Ungkap Mayjen TNI Santos

Lebih lanjut Pangdam sampaikan bahwa anggota satgas harus ekstra aktif dalam berkomunikasi dengan masyarakat, karena merebut hati dan pikiran rakyat itu jauh lebih penting agar masyarakat mau membantu kita baik dalam bentuk informasi maupun yang lainnya sehingga bisa memperlancar tugas operasi yang dijalankan.

“Yang terpenting dalam menghadapi kelompok teroris yaitu bagaimana kita dapat merebut hati dan pikiran rakyat agar masyarakat dapat membantu kelancaran tugas kita serta dengan sinergitas bersama rakyat dapat menurunkan moril musuh yang berada di persembunyian.” Tandas Pangdam

Di akhir pengarahannya Pangdam berpesan sebagai anggota TNI dan Polri solidaritas di dalam pelaksanaan tugas harus dijunjung tinggi serta dalam pelaksanaan tugas harus tulus dan ikhlas. Hindari motif-motif lain dalam penugasan, karena disini kita datang untuk menegakkan hukum dan menjaga ketertiban keamanan masyarakat.

“Solidaritas antar personel satgas harus solid sehingga dengan begitu niscaya tidak ada yang bisa mengganggu keutuhan NKRI.” Tutup Pangdam

Turut hadir dalam pengarahan tersebut diantaranya Kapolda Sulteng Irjen Pol Drs Abdul Rakhan Baso,S.H., Danrem 132/Tdl Brigjen TNI Farid Maruf M.A., Asops Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Inf RD Agus Prasetyo Utomo S.H., Kasatgas Madagoraya Poso Kombes Pol. Slamet, Kasiter Korem 132/Tadulako Kolonel Inf Rahman, Dandim 1307/Poso Letkol Inf. Gusti Nyoman Martayasa S.E., Kapolres Poso AKBP Rentrix Ryaldi Yusuf, S.I.K., Danyon 714/SM Letkol Inf. Costantinus Rusmanto, S.Sos, Danden Zipur 15/Slm Mayor Czi Pratomo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *