Pangdam XIII/Merdeka Dampingi Kunker Panglima TNI di Poso

Pendam XIII/Merdeka, kurang lebih sebulan telah berlalu pasca teror yang dilakukan oleh kelompok MIT di Desa Lemban Tongoa Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi sekarang telah kembali berangsur membaik, rumah – rumah warga yang sebelumnya dibakar oleh kelompok MIT telah selesai diperbaiki oleh aparat gabungan TNI – Polri.

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. Hadi Tjahjanto, S.I.P. melaksanakan Kunker di wilayah Poso dalam rangka memberikan bansos dan bersilaturahmi dengan elemen masyarakat yang ada di sana. dalam kunkernya Panglima TNI didampingi oleh Mayjen TNI Santos G. Matondang, M.M., M.Tr (Han) selaku Pangdam XIII/Merdeka, Rabu (23/12/2020)

Saat dialog bersama masyarakat, Panglima TNI mengatakan bahwa bansos ini adalah bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat yang ada di wilayah Poso, selain itu pemberian bantuan sosial ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang terdampak dengan Pandemi Covid-19, serta dalam bansos tersebut Panglima TNI juga menyerahkan kunci rumah secara simbolis kepada warga yang terdampak teror di Desa Lemban Tongoa.

“Penyerahan bantuan sosial ini adalah bentuk kepedulian dari pemerintah dalam hal ini TNI dan Polri untuk mereka yang terdampak Pandemi Covid-19.” Ucap Marsekal TNI Hadi Tjahjanto

“Bantuan yang diserahkan secara simbolis diantaranya 4 unit kunci rumah untuk korban dari sigi, santunan bagi keluarga korban terrorisme wilayah poso dan 750 bingkisan berupa sembako.” Lanjut Marsekal TNI Dr. Hadi Tjahjanto

selanjutnya dalam keterangannya Panglima TNI mengatakan bahwa angka penularan Covid-19 di Indonesia semakin hari semakin banyak. Oleh karena itu Panglima TNI mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersatu melaksanakan protokol kesehatan dengan menerapkan 3M, karena 3M sudah menjadi bagian dari tatanan kehidupan baru (New Normal).

“Hanya dengan bersatu dalam menerapkan disiplin protokol kesehatan kita dapat menekan angka penularan Covid-19.” Tandas Panglima TNI.

Kegiatan Baksos tersebut dilanjutkan dengan pelepasan yang dilakukan oleh Panglima TNI terhadap rombongan pendistribusian bantuan sosial yang melibatkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta komponen masyarakat yang tergabung dalam komunitas motor dan dilanjutkan dengan dialog dengan seluruh perwakilan komponen masyarakat poso.

Dalam kunjungannya ke wilayah Poso Panglima TNI didampingi Irwasum Polri Komjen Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si. serta turut hadir para pejabat Teras Kodam XIII/Merdeka diantaranya Danrem 132/Tdl Brigjen TNI Farid Makruf, Asintel Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Inf Ignatius Wiwoho, S.I.P. dan Kapendam XIII/Merdeka Kolonel Kav M. Jaelani.

This entry was posted in KODAM. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *