Kodam XIII/Merdeka Gelar Upacara Operasi Gaktib dan Yustisi Tahun 2020

Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos G Matondang M.M., M.Tr(HAN) bertindak sebagai Irup pada Upacara Gelar Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi yang bertempat di Lapangan Makodam XIII/Merdeka, Jumat (14/2/2020).

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P dalam amanatnya mengatakan bahwa TNI dituntut untuk terus meningkatkan profesionalitasnya. Salah satu ciri dari profesionalitas adalah disiplin yang tinggi dan salah satu upaya TNI dalam memelihara kedisiplinan yang tinggi tersebut adalah melalui gelar Operasi Penegakan Ketertiban dan Operasi Yustisi. Pelaksanaan Operasi Gaktib dan Yustisi harus dikembangkan ke arah peningkatan profesionalitas petugas dan subjek hukum melalui upaya edukasi, dengan demikian kepatuhan terhadap norma peraturan dan hukum dapat ditegakkan, baik atas kesadaran individu maupun secara struktural formal. Oleh karena itu Panglima TNI berharap dengan operasi ini bisa tercapai budaya disiplin dan kepatuhan terhadap aturan di lingkungan TNI.

“Penting saya ingatkan lagi, melalui operasi yang digelar ini, sasarannya adalah tercapainya budaya disiplin dan ketaatan pada aturan di lingkungan TNI yang terus meningkat.” Ujar Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P

Pada upacara yang di gelar tersebut Panglima TNI memberikan penekanan  kepada seluruh prajurit TNI sebagai berikut : *Pertama*, tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta pegang teguh Sapta Marga dan Sumpah Prajurit sebagai landasan moral dalam pelaksanaan tugas. *Kedua*, Pegang teguh komitmen netralitas TNI dalam rangka Pilkada Serentak tahun 2020 sehingga pesta demokrasi dapat berjalan dengan aman, lancar, dan sukses. *Ketiga*, sikapi secara cerdas perkembangan lingkungan strategis termasuk paradoks kemajuan teknologi. Keempat, patuhi aturan hukum yang berlaku dan segala bentuk perintah kedinasan serta hargai pelaksanaan tugas aparat penegak hukum di lapangan. Kelima, para Komandan Satuan agar memberikan dukungan penuh demi suksesnya penyelenggaraan Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi ini, tutup Panglima TNI.

Upacara tersebut di ikuti oleh sejumlah personel baik dari TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Udara, Polri, Dishub Prov. Sulut dan PolPP Prov. Sulut

This entry was posted in KODAM. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *