AMANAT  


PADA UPACARA PEMBERANGKATAN 

PELETON BERANTING YUDHA WASTU PRAMUKA  JAYA DALAM RANGKA HARI INFANTERI TAHUN 2014 

HARI/TGL : SELASA, 16 DESEMBER 2014 

PUKUL : 07.00 WITA 

TEMPAT : LAPANGAN SPARTA TARUNA  GORONTALO 

Assalamualaikum Warahmatullahi Waba rakatuh. Syaloom. Selamat Pagi dan  Salam Sejahtera bagi kita semua. Om  Swastiastu. 

Yang terhormat Forum  Koordinasi Pimpinan Daerah  Provinsi Gorontalo.

Yang saya hormati Danbrigif 22/Ota  Manasa, Dandim 1304/Gorontalo,  Danlanal Gorontalo dan Dansat  Radar TNI AU. 

Yang saya hormati para tokoh  agama dan tokoh masyarakat  Gorontalo. 

Para Perwira, Bintara dan Tamtama  Kodam XIII/Merdeka serta  undangan dan hadirin yang saya  hormati. 

Peserta Peleton Beranting Yudha  Wastu Pramuka Jaya yang saya  cintai dan saya banggakan. 

Pertama-tama, marilah kita semua  memanjatkan puji dan syukur ke hadirat  Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan 

rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada  hari ini kita dapat melaksanakan Upacara Pemberangkatan Peleton Beranting  Yudha Wastu Pramuka Jaya dalam  rangka memperingati Hari Infanteri  tahun 2014. 

Pelaksanaan Peleton Beranting  Yudha Wastu Pramuka Jaya yang kita  selenggarakan setiap menjelang Hari  Infanteri ini bertujuan untuk memelihara  dan menumbuhkan kecintaan serta  kebanggaan terhadap Korps dan memelihara kemampuan mobilitas jalan  kaki sebagai ciri khas prajurit Infanteri. 

Selain itu, kegiatan seperti ini juga  dapat menjadi wahana yang efektif untuk meningkatkan kebersamaan, kekompakan dan soliditas di antara para prajurit TNI  Angkatan Darat, baik sesama prajurit  Infanteri maupun dengan kecabangan  lainnya. 

Peserta Peleton Beranting yang  saya banggakan. 

Gerak Jalan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya yang selama ini  menjadi tradisi prajurit Infanteri ditujukan  untuk mengingat perjuangan Panglima  Besar Jenderal Soedirman beserta  pasukannya, para Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia saat menjalani long  march Perang Gerilya menghadapi  Agresi Militer II tentara Kolonial Belanda  yang ingin menancapkan kembali kuku  kekuasaannya di bumi Indonesia.

Dengan demikian, kegiatan long  march selama 3 hari ke depan ini  diharapkan dapat menyemai dan membangkitkan kembali semangat juang dan patriotisme prajurit TNI Angkatan  Darat dalam menjaga kedaulatan dan  keutuhan Negara Kesatuan Republik  Indonesia. 
Sebagai wujud dari penghayatan nilai nilai semangat juang dan patriotisme tersebut, maka saya mengharapkan  kepada para peserta Peleton Beranting  Yudha Wastu Pramuka Jaya agar  melaksanakan kegiatan ini dengan  penuh kesungguhan dan semangat  juang yang tinggi.

Pelestarian nilai-nilai dan semangat  juang para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia harus senantiasa  dilaksanakan secara konsisten, sebagaimana tema kegiatan Peleton  Beranting kali ini, yaitu: ”Dilandasi  semangat Tonting Yudha Wastu  Pramuka Jaya, kita tingkatkan semangat juang dan soliditas prajurit  Infanteri dalam mengemban tugas  pokok TNI AD”

Mengingat jarak yang akan  ditempuh selama kegiatan ini cukup  jauh, yakni sekitar 237 kilometer yang  terbagi dalam 10 etape dengan melalui  jalan raya/umum yang bervariasi, maka saya mengharapkan kepada para peserta Peleton Beranting agar selalu  memelihara tata tertib dan keamanan  selama perjalanan.  

Pelihara kekompakan, keakraban  dan kebersamaan, baik di antara  sesama peserta Gerak Jalan maupun  dengan masyarakat.  

Perhatikan keamanan personel dan  materil serta hindari hal-hal yang dapat  merusak citra dan nama baik TNI di  tengah-tengah masyarakat. 

Peserta Peleton Beranting yang  saya banggakan. 

Demikian amanat yang dapat saya  sampaikan dalam kesempatan ini. 

Seraya mengucapkan, “Puji dan  Syukur kepada Tuhan yang Maha  Kuasa, pada hari ini, Selasa, 16 Desember 2014, Pukul …………. Waktu  Indonesia Tengah, Peleton Beranting  Yudha Wastu Pramuka Jaya dalam  rangka memperingati Hari Infanteri  Tahun 2014, dengan resmi saya  berangkatkan.” 

Akhirnya, marilah kita berdoa ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa,  semoga senantiasa melimpahkan  petunjuk, bimbingan dan kekuatan kepada kita sekalian dalam melanjutkan  pengabdian kepada Bangsa dan Negara  Kesatuan Republik Indonesia. 

Sekian dan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi  Wabarakatuh. Syaloom. Om Santi  Santi Santi Om.

 

Check Also

Pangdam XIII/Medeka Menerima Kunjungan Pimpinan Kanwil BRI Manado

Pendam XIII/Merdeka , Pangdam XIII/Mdk Mayjen TNI Denny Tuejeh Menerima kunjungan silatura…