KASDAM MERDEKA TUTUP WORKSHOP PERTIMBANGAN HUKUM HUMANITER INTERNASIONAL

Manado, Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Fajar Setyawan S.Ip resmi menutup workshop tentang pertimbangan hukum humaniter di Hotel Best Western The Lagoon Manado, Kamis (8/2/2018).

Workshop yang berlangsung selama dua hari itu membahas tentang pertimbangan hukum humaniter yang dihadiri Dandenintel dan Wadan pomdam XIII/Merdeka.

Dalam sambutannya Kasdam mengatakan, sebagaimana kita ketahui saat ini hukum menempati posisi sentral dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, baik di tingkat nasional maupun dalam pergaulan masyarakat internasional.

“Didalam Negara hukum setiap warga negara dan juga aparatur Negara harus mempertimbangkan segala aspek hukum untuk memastikan legalitas tindakannya,” kata Kasdam.

Demikian pula dengan TNI, sebagai salah satu aparatur negara yang melaksanakan tugas dalam hal penyelenggaraan pertahanan negara, harus mempertimbangkan aspek-aspek hukum yang relevan.

“Legalitas tindakan dalam setiap dalam pelaksanaan operasi militer ditentukan oleh kesesuaian antara kebijakan dan keputusan yang diambil oleh para komandan dengan aturan hukum yang berlaku,” ujarnya.

Lanjut Kasdam, semua hal tersebut pada akhirnya akan berkaitan dengan proses penegakan hukum dilingkungan TNI apabila di dalam pelaksanaan tugas terdapat suatu penyimpangan dan pelanggaran yang dilakukan oleh prajurit.

“Perkembangan hukum di lingkungan militer baik secara regional maupun global, menuntut secara pro aktif untuk terus mengasah kemampuan dan membekali diri untuk memahami perkembangan hukum tersebut,” lanjutnya.

Diakhir sambutannya menyampaikan dinamika kehidupan sosial serta politik baik ditanah air maupun dunia internasional saat ini menuntut kita sekalian untuk benar-benar memahami perkembangan situasi yang ada di sekitar kita.

“Untuk itu kita harus memahami betul mekanisme proses pengambilan keputusan dengan menerapkan hukum humaniter internasional untuk menghindari terjadinya pelanggaran terhadap ketentuan hukum yang berlaku,” tandas Kasdam XIII/Merdeka.

This entry was posted in MAKODAM. Bookmark the permalink.

Leave a Reply