Pangdam XIII/Merdeka Pimpin Sertijab Danyon Armed 19-105/TB

Bolmong,Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito, Jumat (02/02/2018) memimpin langsung upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Batalyon Arteleri Medan (Danyonarmed) 19/105 Tarik Bogani dengan Komandan upacara (Danup) Mayor Arm Herman Santoso di Makoyon Armed 19/105 Tarik Bogani Lolak,Bolmong.

Upacara Sertijab Danyonarmed 19/105 Tarik Bogani dari Letkol Arm Gregorius Eka Setiawan kepada Letkol Arm Iron Prasetyo itu dihadiri oleh Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Fajar Setyawan, Para staf ahli Pangdam XIII/Merdeka, Para Asisten Kasdam dan Kabalak Kodam XIII/Merdeka, Kapolres Bolmong AKBP Gani Siaahan, Wakil Bupati Bolmong Yanny Ronny Tuuk, Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Juberth Nixon Purnama, Dandim 1303/Bolmong Letkol Inf Sampang Sihotang, Forkopimda Kabupaten Bolmong, Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka Ny Atie Ganip Warsito, Para pengurus Persit KCK Daerah XIII/Merdeka.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito dalam amanatnya mengatakan bahwa serah terima jabatan dalam suatu organisasi termasuk dalam tubuh TNI AD merupakan hal biasa yang dilaksanakan dengan tetap mempertimbangkan sinkronisasi kepentingan pembinaan personel dan pembinaan satuan sesuai dengan kebutuhan dan sebagai upaya peningkatan kinerja organisasi.

Dimana kata Pangdam dalam konteks pembinaan satuan, Sertijab diarahkan untuk meningkatkan kinerja satuan, sehingga kualitas satuan dapat terus meningkat dari waktu ke waktu. Sedangkan dalam konteks pembinaan personel, diprioritaskan untuk memantapkan kualitas manajerial dan kepemimpinan, memperluas wawasan dan memperkaya pengalaman. ” Sertijab Danyon ini hendaknya dipahami sebagai optimalisasi pencapaian tugas pokok Batalyon Armed 19/105 Tarik Bogani.”
Pangdam menjelaskan bahwa sebagai satuan bantuan tempur, Yonarmed 19/105 Tarik Bogani mempunyai tugas pokok menyelenggarakan bantuan tembakan utama di darat secara dekat, kontinyu dan tepat waktu.

“Setiap Prajurit Kodam XIII/Merdeka harus menyadari bahwa keberhasilan tugas bukanlah semata mata ditentukan oleh kelengkapan dan kecanggihan alat peralatan yang digunakan, tetapi justru lebih banyak ditentukan oleh personel yang mengawakinya, terutama menyangkut sikap mental, disiplin dan loyalitas yang tinggi disertai semangat pengabdian yang tulus dan rela berkorban serta tidak mengenal menyerah.”ungkapnya sambil menegaskan kesemuanya itu hendaknya dibangun berdasarkan landasan yang kokoh, yaitu Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI.

Pada akhir sambutannya Pangdam
mengatakan selaku Pangdam XIII/Merdeka dan atas nama pribadi menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Letkol Arm Gregorius Eka Setiawan berserta istri dan atas pelaksanaan tugas dan pengabdiannya dalam membina prajurit dan satuan Yonarmed 19/105 Tarik Bogani serta ucapan selamat menjalankan tugas kepada Letkol Arm Iron Prasetyo, beserta istri atas kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh pimpinan Angkatan Darat atas pengangkatan saudara sebagai Komandan Batalyon Armed 19/105 Tarik Bogani.

“Harus tetap diingat bahwa jabatan yang saudara terima saat ini bukanlah hadiah, tetapi merupakan amanah dari Tuhan Yang Maha Esa, yang kelak akan dimintai pertanggungjawabannya tentang apa yang saudara lakukan terkait jabatan ini.”tandas Pangdam

Upacara sertijab ini ditandai dengan Penyerahan Tongkat Komandan dan penyematan tanda jabatan serta penggantian tanda pangkat dan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara sertijab.

Pada kesempatan itu anggota Yonarmed 19/105 Tarik Bogani dan Ibu Persit menampilkan demontrasi tarian Tobelo,Kolaborasi doubel stick dan Kolone senapan serta atraksi yongmoodo.

Bersamaan dengan sertijab tersebut itu Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito meresmikan gereja oikumene Kristus raja Batalyon Armed 19/105 Tarik Bogani.

This entry was posted in YON ARMED 19/BGN. Bookmark the permalink.

Leave a Reply