Pangdam XIII Resmikan Kodim Talaud

Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito SE MM meresmikan Kodim 1312/Talaud yang bertempat di Lapangan Upacara Kodim 1312/Talaud Kel Melonguane Kec Melonguane Kab Kepl Talaud , Kamis (21/12).
Upacara Peresmian Kodim 1312/Talaud dan Alih Kodal Satuan yang
Bertindak selaku Inspektur Upacara Pangdam XIII/Mdk Mayjen TNI Ganip Warsito,SE.M
 selanjutnya Komandan Upacara Pabung Talaud Mayor Inf Sigfried Panaha SSos.
Adapun susunan peserta Upacara sbb:
1. Barisan Perwira jajaran Kodim 1312/Talaud
2. 3SST gabungan anggota TNI-AD Jajaran Kodim 1312/Talaud
3. 2 SST gabungan Anggota Lanal Melonguane
4. 1 SST Polres Talaud
5. 1 SST Brimob Talaud
6. 1 SST Sat.Pol PP Pemda Talaud
7. 1 SST LVRI
Hadir dalam Upacara acara tersebut sbb:
1.Bupati Kepl Talaud Ibu Sri Wahyuni Maria Manalip,SE
2.Setda Kab Kepl Talaud Bpk.Adolf Binilang
3.Danrem 131/Stg Brigjen TNI Joseph Robert Giri,SIP,M.Si bersama Ibu
4.Ketua Persit KCK Daerah XIII/Mdk Ny. Atie Ganip
5.Ketua DPRD Kab Kepl Talaud Bpk.George Rompa,S.Pd
6. Asops Kodam XIII/Mdk
7.Asrendam Kodam XIII/Mdk
8.Aspers Kasdam XIII/Mdk
9.Kazidam XIII/Mdk
10.Kasi Intel Rem 131/Stg
11.Dandim 1302/Minahasa
12.Dandim 1303/Bolmong
13.Dandim 1309/Manado
14.Dandim 1310/Bitung
15.Danden Intel Dam XIII/Mdk
16.Anggota DPRD Kab Kepl Talaud
17.Wakapolres Talaud Kompol (P) Maria Buida
18.Komandan KAL Pulau Karakelang Kapten Laut (P) Idhul
19.Kepala Unit BRI Melonguane Bpk.Henok Maryo Kansil.
20.Kepala Bank Sulutgo Melonguane
21.Kepala Bandara Melonguane Bpk.Panani
22.Unsur SKPD Kab Kepl Talaud
23.Tokoh Agama,Tokoh Adat,Tokoh Masyarakat Kab Kepl Talaud.
24.Para Kepala Desa Sekecamatan Melonguane.
25.Tamu Undangan.
kegiatan tersebut ditandai dengan Pangdam XIII/Mdk didampingi  Bupati Kepl Talaud Ibu Sri Wahyuni Maria Manalip,SE dan Danrem 131/Stg membuka Selubung Papan Nama Kodim 1312/Talaud
kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Pangdam XIII/Mdk didampingi Ibu Bupati Kepl Talaud dan Danrem 131/Stg melaksanakan Penanaman Pohon di depan Mako Kodim 1312/Talaud.
dilanjutkan Pangdam XIII/Mdk menandatangani Prasasti Peresmian Kodim 1312/Talaud.
Kemudian Pengguntingan pita di Kantor Mako Kodim 1312/Talaud oleh  Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Kodam XIII/Mdk Ny.Atie Ganip didampingi oleh Bupati Kepl Talaud dan dilanjutkan dengan peninjauan ruangan Mako Kodim 1312/Talaud.
Pangdam dalam sambutannya mengatakan, Momentum ini sangat penting bagi seluruh komponen masyarakat yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud, khususnya untuk lebih menegaskan keberadaan negara, baik dalam hal pengamanan daerah perbatasan maupun untuk menghidupkan roda perekonomian masyarakat.
Bagi kami, Kodam XIII/Merdeka, peresmian Kodim 1312/Talaud ini tentunya sangat berguna untuk meningkatkan efisiensi rentang kendali, sehingga kesiapsiagaan satuan-satuan TNI Angkatan Darat yang ada di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud ini semakin optimal dan dapat lebih cepat merespon setiap kontinjensi yang mungkin terjadi.
Hadirin dan tamu undangan yang saya hormati,
Kita semua menyadari bahwa dinamika kehidupan masyarakat seiring diberlaku-kannya otonomi daerah di berbagai wilayah NKRI semakin kompleks dan penuh tantangan.
Sebagai salah satu beranda depan NKRI di Provinsi Sulawesi Utara yang tentunya memerlukan perhatian lebih sebagaimana program prioritas pemerintah Nawacita, yakni membangun Indonesia dari pinggiran, maka pembangunan gelar kekuatan TNI di daerah perbatasan dengan negara Filipina ini melalui peresmian Kodim 1312/Talaud tentunya diharapkan dapat mendorong tumbuhnya cluster pereko-nomian baru di daerah “pinggiran”, sekaligus semakin memperkokoh keta-hanan dan eksistensi kehadiran  negara di daerah yang jauh dari hiruk-pikuk keramaian kota.
Menyadari semakin meningkatnya beban tugas dan segala implikasi yang ditimbulkan oleh setiap permasalahan di daerah ini, maka Kodam XIII/Merdeka melakukan pengembangan organisasi   guna memudahkan komando pengenda-lian dan pembinaan kewilayahan.
Oleh karena itu, peresmian Kodim 1312/Talaud ini sangat diharapkan mampu menciptakan stabilitas keamanan yang kondusif bagi berlangsungnya berbagai program pembangunan oleh pemerintah pusat maupun daerah di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud.
This entry was posted in MAKODAM. Bookmark the permalink.

Leave a Reply