Home / KODIM 1303/BM / UPACARA PEKAN PANCASILA KODIM 1303/BM BERSAMA SISWA-SISWI KOTAMOBAGU

UPACARA PEKAN PANCASILA KODIM 1303/BM BERSAMA SISWA-SISWI KOTAMOBAGU

B O L M O N G –  Komando Distrik Militer (KODIM) 1303/BM Menyelenggarakan Upacara dalam rangka kegiatan Pekan Pancasila, dengan tema “ AKU INDONESIA, AKU PANCASILA” dilapangan upacara Makodim 1303/BM Jl.  S. Parman Kel. Kotamobagu Kec. Kotamobagu Barat Kota Kotamobagu, Senin (12/06).

Mayor Inf Burhan selaku Inspektur Upacara (IRUP) Mengatakan bahwa kegiatan ini untuk memperdalam Pemahaman, Penghayatan dan Pengamalan Pancasila. Hal ini dilandasi oleh Keputusan Presiden (KEPPRES) Nomor 24 Tahun 2016, yang menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila.

“Keppres tersebut juga menyebutkan bahwa mulai tahun2017, Presiden menetapkan setiap tanggal 1 Juni sebagai Hari Libur Nasional. Adanya kegiatan ini, diharapkan seluruh komponen bangsa Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” Ungkapnya.

Setelah pelaksanaan Upacara para siswa dan siswi SD, SLTP dan SLTA dikumpulkan di Aula Sisingamangaraja Makodim 1303/BM untuk diberikan pemahaman yang mendalam akan arti Pancasila, yang dibawakan oleh Kapten Inf Rhicard Pusung sebagai pemateri kepada siswa dan siswi.

“Pelaksanaan Pekan Pancasila kepada penerus Bangsa ini sesuai dengan arahan Panglima TNI. Diharapkan dengan memupuk para generasi penerus bangsa ini, keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) dapat terus terjaga dari rongrongan sekelompok orang yang ingin mengubah ideology bangsa,”  Ungkap Pusung dalam memberikan materi.

Dalam memberikan materi disertai dengan canda dan tawa agar para siswa dan siswi tidak tegang dalam menerima materi, Kapten Inf Pusung juga menjelaskan kepada para peserta mengenai sejarah lahirnya Pancasila pada 1 Juni 1945 dan bunyi Pancasila yang sesuai dengan Ketetapan MPR RI Nomor II/MPR/1978 yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Sementara itu, terkait Pelaksanaan Pekan Pancasila ini, seorang siswi dari SMK KRISTEN KOTAMOBAGU Sri Inca Sari (16thn) mengatakan, dirinya mengaku lebih memahami makna dan butir-butir yang diamanatkan dalam Pancasila.

“Kegiatannya seru, sebagai penambah wawasan bagi kita sebagai penerus bangsa. Pematerinya juga tidak membuat kita bosan karena diselingi dengan tanya jawab sehingga komunikasi dua arah bisa terjalin. Kita tidak melulu bengong mendengarkan penyampaian materi, saya juga ndak terlalu tegang dan kaku dalam menerima materi karena Pemateri selalu menenyelingi dengan humor dan canda tawa dan sesi tersebut diberi hadiah dan Alhamdulillah saya dapat 100ribu rupiah dari Pemateri,” Ungkap Inca dengan polos.

About suwarno

Check Also

KESEDIHAN LANSIA DAPAT DIHAPUSKAN OLEH KEHADIRAN BABINSA 1303-08/MOLIBAGU

BOLSEL – Kegiatan Peduli Lansia dan disabilitas/ cacat yang dicanangkan oleh Pemda Bolsel bersama Babinsa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *